KBB#38 Baquette

ting tong ting tong…surat tjintah ke3 kuterima di inboxku…dengan gerakan super kilat…aku buka…taraaaa…baquette…ya ampun…selama ini hanya kulihat ditoko roti yang kukira hanya pajangan saja karena texturenya yang agak ajaib kerasnya…hehehe…tapi dengan adanya tantangan ini kuberanikan diri untuk mencoba bikin…hasilnya belum begitu crispy…tapi sekarang jadi jatuh cinta dengan baquette ini…bahkan saya pernah baca di artikel mana itu ada orang yang pengen meal terakhirnya baquette dengan olesan butter…hehehe…

SAM_4666

bahan hanya 4 macam saja : ragi, air, terigu, garam…gampang kan ngingatnya…

SAM_4668

ke 4 macam bahan setelah dicampur hasilnya seperti diatas ya

SAM_4670

adonan dibiarkan istirahat selama 14 jam, kira-kira semalaman yaa…jangan lupa tutup dengan plastik bening lalu tutup lagi dengan serbet…nah serbet kesayanganku ini warna hijau…manis kan? hehehe…jadi inget sama gencarnya jualan si abang yang jual serbet ini di pasar senen…hehehe

SAM_4672

setelah 14 jam ternyata adonan jadi mengembang bangett…ajaib ya? hehehe…saya masih takjub…kok bisa ngembang kayak gitu…jelas aja ada raginya tohhhh…kadang saya suka geli sendiri, karena di dapur sendirian, jadi suka nanya sendiri, jawab juga sendiri, hihihi….

SAM_4676

balik ke topik semula, baquette ya, setelah dipindahkan ke mangkuk yang di oles sedikit minyak, adonan istirahat lagi 1 jam, lalu dikempiskan perlahan, nah ini diulang sampe 3x lho…yang jelas disini dilatih kesabarannya yaa…ok lanjut ya, adonan dibagi 3 ya

SAM_4679

buat 3 sayatan dengan pisau yang tajam, kalo versi saya menggunakan gunting, karena lebih praktis (menurut saya lho) kreskreskres…

SAM_4689

panggang 30 menit jadi deh…yeayy jadi juga baquette na…enak juga…walaupun memotongnya harus dengan sedikit perjuangan…hahaha…

20140117_055322

Logo lulus Baguette - for email

Yeayyy…aku dapat logo lulus dari duo host …senangnya…terimakasih duo host cantik…

berikut ini resepnya :

Starter:

  • ½ cup     air
  • 1/16 tsp   active dry yeast / instant yeast
  • 1 cup      unbleached bread flour

 Dough:

  • 1 tsp                      active dry yeast / instant yeast
  • 1 cup – 1 ¼ cup       air hangat kuku*
  • 3 ½ cup                  unbleached bread flour
  • 1 ½ – 2 tsp              garam

 *gunakan lebih sedikit air hangat (iklim lembab) atau lebih banyak (saat winter atau iklim kering), dan kurang lebihnya disaat iklim lainnya (atau ruangan terkontrol kelembabannya).

 Tips:

Bahan baguette hanyalah tepung, air, garam, dan ragi. Teknik sang baker lah yang akan menentukan keberhasilan hasil akhirnya. Semakin sering latihan, akan semakin baik hasilnya.

 Steps:

 1.  Membuat starter. Aduk ragi dan air (tidak perlu diaduk jika menggunakan instant yeast). Tambahkan tepung, aduk. Tutup dan diamkan suhu ruang selama 14 jam atau diinapkan semalam. Starter akan mengembang dan bergelembung. Jika tidak, mungkin raginya tidak bekerja dengan baik. Cara menguji ragi: larutkan ¼ sdt ragi dengan 1 sdm air hangat dan sejumput gula. Diamkan 15 menit. Jika tidak ada perubahan, maka ganti ragi Anda.

 2.  Dough: Jika menggunakan active dry yeast, larutkan dahulu dengan air lalu campurkan dengan starter, tepung, dan garam. Jika menggunakan instan yeast, tidak perlu dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Ragi bisa langsung dimasukkan. Aduk dan uleni dengan tangan/mixer/bread machine (setting hingga dough cycle) hingga diperoleh adonan yang lembut tapi permukaan masih sedikit kasar. Jika menggunakan stand mixer, uleni 5 menit dengan speed 2.

 3.  Pindahkan adonan ke mangkuk yang sudah dioles sedikit minyak. Tutup. Biarkan mengembang selama 1 jam. Kempiskan perlahan. Biarkan mengembang selama 1 jam, kempiskan sekali lagi. Biarkan mengembang 1 jam lagi. Jadi secara total adonan sudah dibiarkan mengembang 3 jam.

 4.  Pindahkan adonan ke meja yang sudah dioles sedikit minyak. Bentuk bulat. Bagi menjadi 3 bagian.

 5.  Bentuk menjadi oval dan agak diratakan. Tutup dengan plastik yang dioles sedikit minyak. Diamkan 15 menit.

 6.  Lipat menjadi hampir setengahnya. Kunci ujung adonan dengan telapak pangan. Kemudian sedikit diratakan. Ulangi lipat setengah dan kunci lagi.

 

7.  Balik hingga sambungan  adonan berada di posisi bawah. Gulung perlahan dengan tangan yang ditelungkupkan hingga adonan mencapai panjang 15 inc. Letakkan ke loyang yang dialas greased/parchment paper. Bagian sambunganadonan di posisikkan di bawah.

 8.  Tutup dengan plastik yang dioles sedikit minyak. Biarkan mengembang hingga sangat puffy sekitar 1 ½ jam. Diperkirakan hampir double-in size. Jika terlalu mengembang akan sulit ditangani.

 9.  Selama proofing, panaskan oven 450 oF (230 oC), jika menggunakan baking stone maka letakkan baking stone di rak paling bawah.

 10. Dengan pisau tajam, buat 3 sayatan dengan kemiringan 45o pada setiap baguette. Semprotkan dengan air hangat. Ini akan membentuk lapisan kulit yang crispy.

 11. Panggang hingga coklat keemasan 25-30 menit. Keluarkan dari oven dan pindahkan ke cooling rack. Atau untuk baguette yang lebih crispy, matikan oven dan buka pintunya selebar 2 inc dan biarkan hingga dingin di oven.

Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s